Kita sebagai manusia diberi kelengkapan anggota badan dan harus kita syukuri. Dan dengan seharusnya kesehatan tubuh dan organ-organ tubuh  di dalamnya sangat perlu dijaga. Dari mulai menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, kesehatan rambut, merawat gigi, merawat kuku, dan kesehatan di bagian lainnya di seluruh tubuh kita, baik dari dalam maupun dari luar. Menjaga kesehatan mata adalah hal penting yang harus diperhatikan. Anda harus bisa merawat kesehatan mata anda dengan baik. Berikut infodari akan tips kesehatan mata yang akan mengulas tentang bagaimana cara merawat kesehatan mata dan menjaga kesehatan mata agar terhindar dari segala penyakit dan gangguan pada mata lainnya.

Untuk Anda yang menggunakan softlens atau kontak lens, juga diperlukan perawatan ekstra, agar mata anda tetap sehat.

Sebenarnya ada 7 cara mudah untuk menjaga kesehatan mata, pada artikel kali ini penulis berikan berbagai tips supaya indera penglihatan kita baik anak maupun dewasa ini tidak terkena penyakit seperti minus, plus ataupun katarak. Mengapa kita harus menjaganya? Tahukah Anda menurut World Health Organization (WHO) memperkirakan ada 45 juta penderita kebutaan di planet bumi dan ternyata sepertiganya berada di wiliayah Asia Tenggara, tempat kita tinggal. Di Indonesia diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya dan di dunia diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit.
Ada 7 Tips mudah Merawat Kesehatan Mata yang bisa dilakukan setiap orang dalam menjaga kesehatan mata:

1. Diet yang Seimbang
Ternyata diet ada hubungannya dengan kesehatan mata, jadi saat melakukan program diet dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dengan sayuran dan buah-buahan. Selalu pilih makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karena dapat meningkatkan kesehatan mata manusia. Selain itu, memakan ikan salmon juga dapat memberikan efek yang sangat baik.

2. Hindari Kebiasaan Hidup Buruk
Cara ini sebenarnya berlaku untuk menjaga kesehatan seluruh badan yaitu menghindari minuman yang mengandung  alkohol dan menghilangkan kebiasaan merokok. Para ilmuwan mengatakan, merokok dapat membuat mata katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), serta kerusakan saraf pada mata. Dan terlalu banyak minum minuman yang mengandung alkohol dapat membuat reaksi pupil jadi tidak stabil, pandangan kabur hingga rabun mata.

3. Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata
Seringkali manusia modern tidak menyadari bahwa stres karena sebuah pekerjaan dapat berdampak ke mata yang tidak sehat. Maka dari itu, perisakanlah mata Anda secara rutin agar terhindar dari penyakit yang mungkin menyerang mata.

4. Senam Mata
Buka lebar-lebar kedua mata Anda. Lalu , putar bola mata ke atas, ke bawah, ke kiri, dan ke kanan selama dua detik dan tutup mata secara perlahan. Ulangi beberapa kali saat Anda sedang santai. Hal ini dapat mengurangi dampak mata stres karena radiasi sinar matahari atau komputer.

5. Mengetahui Sejarah Mata dalam Keluarga
Kemungkinan penyakit mata bisa muncul karena faktor keturunan. Oleh karena itu, mengetahui sejarah mata dalam keluarga Anda sendiri adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahuinya, kita sebagai anak dapat mencegah penyakit mata turunan dengan mengkonsultasikannya pada dokter.

6. Pakai Pelindung Mata
Kacamata bisa dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu saat berolahraga atau aktivitas lainnya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga tertentu untuk menghindari terjadinya cedera mata. Jadi, hindarilah penggunaan sunglasses hanya karena ingin bergaya.

7. Istirahat yang Cukup
Sama seperti tubuh, mata juga membutuhkan istirahat yang cukup. Menahan diri untuk tidak menonton televisi terlalu lama atau berjam-jam di depan komputer padahal tidak sedang bekerja. Dengan begitu, mata Anda tidak kelelahan serta mendapatkan istirahat yang cukup.

8. Jangan menggosok atau mengucek mata terlalu kuat terutama bila ada benda asing yang masuk ke mata.

9. Tidak menyentuh mata dengan tangan yang kotor atau belum dicuci bersih dengan sabun.

10. Perhatikan Jarak Menonton TV dan Membaca                                                     Jarak yang ideal 2.5 – 3 meter di depan TV, Bila ruang menonton gelap agar lampu dinyalakan, usahakan ruang dalam keadaan terang, Setelah menonton TV selama 30 – 60 menit, istirahatkan mata dengan memejamkan sejenak atau melihat jauh. Membaca sebaiknya pada posisi duduk yang relaks, sumber cahaya sebaiknya dari arah belakang atau samping, tidak dari arah depan, Atur jarak mata dengan bacaan kurang lebih 30-40 cm. Jangan membaca terus menerus, sesekali istirahatkan mata dengan memejamkannya sejenak atau melihat jauh.

Itulah berbagai tips yang bisa kita gunakan dalam menjaga kesehatan mata supaya kita tidak terkena penyakit seperti minus, plus ataupun katarak.

Bagi kaum perempuan, jika anda punya mata minus akan berpengaruhpada ibu hamil. Maka dari itu, berusahalah sebaik mungkin untuk merawat kesehatan mata anda, agar mata anda tetap bisa berfungsi dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s