Jelaskan mengapa siklus OTTO dan DIESEL ideal berbeda dengan siklus sesungguhnya?(lengkapi dengan diagram P-V)!

Siklus ideal pada motor bakar torak digunakan untuk memudahkan dalam menganalisis sistem motor bakar tersebut. Semakin ideal suatu keadaan suatu sistem semakin mudah dianalisis, akan tetapi dengan sendirinya makin jauh menyimpang dari keadaan yang sebenarnya.

Di dalam analisis siklus udara, khususnya pada motor bakar torak, terdapat:

  1. Siklus udara volume-konstan (siklus Otto)
  2. Siklus udara tekanan-konstan (siklus-Diesel)
  3. Siklus udara tekanan-terbatas (siklus gabungan)

  1. Fluida kerja dianggap sebagai gas ideal dengan kalor spesifik yang konstan.
  2. Langkah isap (0-1) merupakan proses tekanan konstan.
  3. Langkah kompresi (1-2) ialah proses isentropik.
  4. Proses pembakaran volume-konstan (2-3) dianggap sebagai proses pemasukan kalor pada volume konstan.
  5. Langkah kerja (3-4) ialah proses isentopik.
  6. Proses pembuangan (4-1) dianggap sebagai proses pengeluaran kalor pada volume-konstan.
  7. Langkah buang (1-0) ialah proses tekanan konstan.
  8. Siklus dianggap ’tertutup’, artinya siklus ini berlangsung dengan fluida kerja yang sama atau gas yang berbeda di dalam silinder pada titik 1 dapat dikeluarkan dari dalam silinder pada waktu langkah buang, tetapi pada langkah isap berikutnya akan masuk sejumlah fluida kerja yang sama.

Siklus Diesel

  1. Langkah (0-1) adalah langkah hisap udara, pada tekanan konstan.
  2. Langkah (1-2) adalah langkah kompresi, pada keadaan isentropik.
  3. Langkah (2-3) adalah langkah pemasukan kalor, pada tekanan konstan.
  4. Langkah (3-4) adalah langkah ekspansi, pada keadaan isentropik.
  5. Langkah (4-1) adalah langkah pengeluaran kalor, pada tekanan konstan.
  6. Langkah (0-1) adalah langkah buang, pada tekanan konstan.

Dalam kenyataannya tiada satu pun merupakan siklus volume-konstan, siklus tekanan-konstan, atau siklus tekanan-terbatas. Hal ini dikarenakan adanya penyimpangan, dan penyimpangan dari siklus udara ideal itu terjadi karena dalam keadaan yang sebenarnya terjadi kerugian yang antara lain disebabkan oleh hal berikut:

  1. Kebocoran fluida kerja karena penyekatan oleh cincin torak dan katup tak dapat sempurna.
  2. Katup tidak di buka dan ditutup tepat di TMA dan TMB karena pertimbangan dinamika mekanisme katup dan kelembaman fluida kerja. Kerugian tersebut dapat diperkecil bila saat pembukaan dan penutupan katup disesuaikan dengan besarnya beban dan kecepatan torak.
  3. Fluida kerja bukanlah udara yang dapat dianggap sebagai gas ideal dengan kalor spesifik yang konstan selama proses siklus berlangsung.
  4. Pada motor bakar torak yang sebenarnya, pada waktu torak berada di TMA, tidak terdapat proses pemasukan kalor seperti pada siklus udara. Kenaikan tekanan dan temperatur fluida kerja disebabkan oleh proses pembakaran antara bahan bakar dan udara di dalam silinder.
  5. Proses pembakaran memerlukan waktu, jadi tidak berlangsung sekaligus. Akibatnya, proses pembakaran berlangsung pada volume ruang bakar yang berubah-ubah karena gerakan torak. Dengan demikian, proses pembakaran harus sudah dimulai beberapa derajat sudut engkol sebelum torak mencapai TMA dan berakhir beberapa derajat sudut engkol sesudah torak bergerak kembali dari TMA menuju TMB. Jadi, proses pembakaran tidak dapat berlangsung pada volume atau pada tekanan yang konstan. Di samping itu, pada kenyataannya tidak pernah terjadi pembakaran sempurna. Karena itu daya dan efisiensinya sangatlah bergantung kepada perbandingan campuran bahan bakar-udara, kesempurnaan bahan bakar-udara itu bercampur, dan saat penyalaan.
  6. Terdapat kerugian kalor yang disebabkan oleh perpindahan kalor dari fluida kerja ke fluida pendingin, terutama pada langkah kompresi, ekspansi, dan pada waktu gas buang meninggalkan silinder. Perpindahan kalor tersebut terjadi karena terdapat perbedaan temperatur antara fluida kerja dan fluida pendingin. Fluida pendingin diperlukan untuk mendinginkan bagian mesin yang menjadi panas, untuk mencegah bagian tersebut dari kerusakan.
  7. Terdapat kerugian energi kalor yang dibawa oleh gas buang dari dalam silinder ke atmosfer sekitarnya. Energi tersebut tak dapat dimanfaatkan untuk melakukan kerja mekanik.
  8. Terdapat kerugian energi karena gesekan antara fluida kerja dengan dinding salurannya.

Berdasarkan semua hal di atas, bentuk diagram P-v dari siklus yang sebenarnya tidak sama dengan bentuk diagram siklus ideal.

Siklus Otto Aktual Motor 4 Tak

Siklus Otto Aktual Motor 2 Tak

4 responses »

  1. andi mengatakan:

    utk yg siklus gabungan/kombinasinya yang mana ya ???

    • domsavmania mengatakan:

      maaf baru bisa membalas, jarang online soalnya,hehehe
      wah klo siklus gabungan saya juga kurang paham, saya minta maaf mas,nanti saya liat di referensi saya dahulu…^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s